Para Shahabat Yang Mulia

[font=traditional arabic][size=+3][right]قاَلَ خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِى ثُمَّ الَّذِينَ يَلُو نَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْrعَنْ عَبْدِ الله عَنِ النَّبِىَّ[/right][/font][/size]

Dari Abdullah, dari Nabi r, “Sebaik-baik manusia adalah generasiku (para sahabat), kemudian generasi sesudah mereka (tabi’in) kemudian generasi sesudah mereka (tabi’ut tabi’in). (HR. Bukhari Muslim)

Dalam urutan manusia terbaik, sudah barang tentu shahabatlah urutan pertamanya. Tentu saja setelah para Nabi dan Rasul. Sebab, para shahabatlah manusia pilihan Allah untuk menjadi lingkaran pertama rantai penyampai risalah ini. Jelas bukan suatu kebetulan ketika Allah mengutus Nabi pembawa syari’at yang sempurna ini di antara orang-orang seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali, Khadijah, Abdurrahman bin Auf dan lainnya.

Keutamaan ini menjadi sumbu pemijar keutamaan-keutamaan berikutnya. Diantaranya ; jaminan masuk surga, pujian dari Allah dalam al Qur’an, pahala dari orang yang mengamalkan ilmu yang mereka tularkan hingga saat ini, dan masih banyak lagi. Dengan itulah mereka menjadi manusia, bahkan generasi terbaik yang pernah ada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: